Blogger Widgets ADE COPA GABANA PARFUM PARIS MODE: Juni 2012

Sabtu, 09 Juni 2012

ASKEP MENARIK DIRI


Menarik Diri
  
1.      Masalah Utama :  
Menarik diri.

2.      Proses Terjadinya Masalah
a.       Pengertian
Menarik diri merupakan percobaan untuk menghindari interaksi dengan orang lain, menghindari hubungan dengan orang lain (Rawlins,1993).  Terjadinya perilaku menarik diri dipengaruhi oleh faktor predisposisi dan stressor presipitasi. Faktor perkembangan dan sosial budaya merupakan faktor predispoisi terjadinya  perilaku menarik diri. Kegagalan perkembangan dapat mengakibatkan  individu tidak percaya diri, tidak percaya orang lain, ragu, takut salah , pesimis, putus asa terhadap hubungan dengan orang lain, menghindar dari orang lain, tidak mampu merumuskan keinginan, dan merasa tertekan. Keadaan menimbulkan perilaku tidak ingin berkomunikasi dengan orang lain, menghindar dari orang lain, lebih menyukai berdiam diri sendiri, kegiatan sehari-hari hampir terabaikan.
Gejala Klinis :
§  Apatis, ekspresi sedih, afek tumpul.
§  Menghindar dari orang lain (menyendiri).
§  Komunikasi kurang/tidak ada. Klien tidak tampak bercakap-cakap dengan klien lain/perawat.
§  Tidak ada kontak mata, klien sering menunduk.
§  Berdiam diri di kamar/klien kurang mobilitas.
§  Menolak berhubungan dengan orang lain, klien memutuskan percakapan atau pergi jika diajak bercakap-cakap.
§  Tidak melakukan kegiatan sehari-hari.
§  Posisi janin saat tidur.                                  (Budi Anna Keliat, 1998)
b.      Penyebab dari Menarik Diri
Salah satu penyebab dari menarik diri adalah harga diri rendah. Harga diri adalah penilaian individu tentang pencapaian diri dengan menganalisa seberapa jauh perilaku sesuai dengan ideal diri. Dimana gangguan harga diri dapat digambarkan sebagai perasaan negatif terhadap diri sendiri, hilang kepercayaan diri, merasa gagal mencapai keinginan.
Gejala Klinis :
§   Perasaan malu terhadap diri sendiri akibat penyakit dan tindakan terhadap penyakit (rambut botak karena terapi).
§   Rasa bersalah terhadap diri sendiri (mengkritik/menyalahkan diri sendiri).
§   Gangguan hubungan sosial (menarik diri).
§   Percaya diri kurang (sukar mengambil keputusan).
§   Mencederai diri (akibat dari harga diri yang rendah disertai harapan yang suram, mungkin klien akan mengakiri kehidupannya.
( Budi Anna Keliat, 1999)
c.       Akibat dari Menarik Diri
Klien dengan perilaku menarik diri dapat berakibat adanya terjadinya resiko perubahan sensori persepsi (halusinasi). Halusinasi ini merupakan salah satu orientasi realitas yang maladaptive, dimana halusinasi adalah persepsi klien terhadap lingkungan tanpa stimulus yang nyata, artinya klien menginterprestasikan sesuatu yang nyata tanpa stimulus/rangsangan eksternal.
Gejala Klinis :
§  Bicara, senyum dan tertawa sendiri.
§  Menarik diri dan menghindar dari orang lain.
§  Tidak dapat membedakan tidak nyata dan nyata.
§  Tidak dapat memusatkan perhatian.
§  Curiga, bermusuhan, merusak (diri sendiri, orang lain dan lingkungannya), takut.
§  Ekspresi muka tegang, mudah tersinggung. (Budi Anna Keliat, 1999)
3.      Pohon Masalah


4.      Masalah Keperawatan dan Data yang perlu dikaji
a.       Masalah Keperawatan
1.      Resiko perubahan persepsi -  sensori : halusinasi
2.      Isolasi Sosial : menarik diri
3.      Gangguan konsep diri : harga diri rendah
b.      Data yang perlu dikaji
1.      Resiko perubahan persepsi -  sensori : halusinasi
1).  Data Subjektif
a.       Klien mengatakan mendengar bunyi tanpa ada yang stimulus nyata.
b.      Klien mengatakan melihat gambaran tanpa ada stimulus yang nyata.
c.       Klien mengatakan mencium bau tanpa stimulus.
d.      Klien merasa makan sesuatu.
e.       Klien merasa ada sesuatu pada kulitnya.
f.       Klien takut pada suara/bunyi/gambar yang dilihat dan didengar.
g.      Klien ingin memukul/melempar barang-barang.
2).  Data Objektif
a.       Klien berbicara dan tertawa sendiri.
b.      Klien bersikap seperti mendengar/melihat sesuatu.
c.       Klien berhebti bicara ditengah kalimat untuk mendengarkan sesuatu.
d.      Disorientasi.
2.      Isolasi Sosial : menarik diri
1). Data Subyektif
Klien mengatakan saya tidak mampu, tidak bisa, tidak tahu apa-apa, bodoh, mengkritik diri sendiri, mengungkapkan perasaan malu terhadap diri sendiri.
2). Data Obyektif
Klien terlihat lebih suka sendiri, bingung bila disuruh memilih alternatif tindakan, ingin mencederai diri/ingin mengakhiri hidup.
3.      Gangguan konsep diri : harga diri rendah
1). Data subyektif:
Klien mengatakan: saya tidak mampu, tidak bisa, tidak tahu apa-apa, bodoh, mengkritik diri sendiri, mengungkapkan perasaan malu terhadap diri sendiri.
2). Data obyektif:
Klien tampak lebih suka sendiri, bingung bila disuruh memilih alternatif tindakan, ingin mencederai diri / ingin mengakhiri hidup.

5.      Diagnosia Keperawatan
1). Resiko perubahan persepsi sensori: halusinasi ... berhubungan dengan menarik diri.
2).  Isolasi sosial: menarik diri berhubungan dengan harga diri rendah.

6.      Rencana Tindakan Keperawatan
Diagnosa 1
Tujuan Umum :
Klien dapat berinteraksi dengan orang lain sehingga tidak terjadi halusinasi
Tujuan Khusus  :
  1. Klien dapat membina hubungan saling percaya
Rasional : Hubungan saling percaya merupakan landasan utama untuk hubungan selanjutnya.
Tindakan:
1).  Bina hubungan saling percaya dengan menggunakan prinsip komunikasi terapeutik dengan cara :
a.       Sapa klien dengan ramah baik verbal maupun non verbal.
b.      Perkenalkan diri dengan sopan.
    1. Tanyakan nama lengkap klien dan nama panggilan yang disukai.
    2. Jelaskan tujuan pertemuan.
    3. Jujur dan menepati janji.
    4. Tunjukkan sikap empati dan menerima klien apa adanya.
    5. Berikan perhatian kepada klien dan perhatian kebutuhan dasar klien.
  1. Klien dapat menyebutkan penyebab menarik diri
Rasional :
Memberi kesempatan untuk mengungkapkan perasaannya dapat membantu mengurangi stres dan penyebab perasaaan menarik diri.
Tindakan :
1).         Kaji pengetahuan klien tentang perilaku menarik diri dan tanda-tandanya.
2).         Beri kesempatan kepada klien untuk mengungkapkan perasaan penyebab menarik diri atau mau bergaul.
3).         Diskusikan bersama klien tentang perilaku menarik diri, tanda-tanda serta penyebab yang muncul.
4).         Berikan pujian terhadap kemampuan klien mengungkapkan perasaannya
3.  Klien dapat menyebutkan keuntungan berhubungan dengan orang lain dan kerugian tidak berhubungan dengan orang lain.
Rasional :
§  Untuk mengetahui keuntungan dari bergaul dengan orang lain.
§  Untuk mengetahui akibat yang dirasakan setelah menarik diri.
Tindakan :
3.1        Kaji pengetahuan klien tentang manfaat dan keuntungan berhubungan dengan orang lain.
3.1.1        Beri kesempatan kepada klien untuk mengungkapkan perasaan tentang keuntungan berhubungan dengan orang lain.
3.1.2        Diskusikan bersama klien tentang manfaat berhubungan dengan orang lain.
3.1.3        Beri reinforcement positif terhadap kemampuan mengungkapkan perasaan tentang keuntungan berhubungan dengan orang lain.
3.2        Kaji pengetahuan klien tentang kerugian bila tidak berhubungan dengan orang lain.
3.2.1        Beri kesempatan kepada klien untuk mengungkapkan perasaan dengan orang lain.
3.2.2        Biskusikan bersama klien tentang kerugian tidak berhubungan dengan orang lain.
3.2.3        Beri reinforcement positif terhadap kemampuan mengungkapkan perasaan tentang kerugian tidak berhubungan dengan orang lain.
  1. Klien dapat melaksanakan hubungan sosial.
Rasional :
§  Mengeksplorasi perasaan klien terhadap perilaku menarik diri yang biasa dilakukan.
§  Untuk mengetahui perilaku menarik diri yang dilakukan dan dengan bantuan perawat bisa membedakan perilaku konstruktif dan destruktif.
Tindakan :
4.1        Kaji kemampuan klien membina hubungan dengan orang lain.
4.2        Dorong dan bantu kien untuk berhubungan dengan orang lain melalui tahap :
§  K – P
§  K – P – P lain
§  K – P – P lain – K lain
§  K – Kel/Klp/Masyarakat
4.3        Beri reinforcement positif terhadap keberhasilan yang telah dicapai.
4.4        Bantu klien untuk mengevaluasi manfaat berhubungan.
4.5        Diskusikan jadwal harian yang dilakukan bersama klien dalam mengisi waktu.
4.6        Motivasi klien untuk mengikuti kegiatan ruangan.
4.7        Beri reinforcement positif atas kegiatan klien dalam kegiatan ruangan.
  1. Klien dapat mengungkapkan perasaannya setelah berhubungan dengan orang lain.
Rasional :     Dapat    membantu    klien    dalam    menemukan   cara    yang    dapat 
menyelesaikan masalah.
  Tindakan :
5.1      Dorong klien untuk mengungkapkan perasaannya bila berhubungan dengan orang lain.
5.2      Diskusikan dengan klien tentang perasaan masnfaat berhubungan dengan orang lain.
5.3      Beri reinforcement positif atas kemampuan klien mengungkapkan perasaan manfaat berhubungan dengan orang lain.
6.  Klien dapat memberdayakan sistem pendukung atau keluarga.
Rasional :  memberikan penanganan bantuan terapi melalui pengumpulan data yang
lengkap dan akurat kondisi fisik dan non fisik klien serta keadaan perilaku dan sikap keluarganya.
Tindakan :
6.1        Bina hubungan saling percaya dengan keluarga :
§  Salam, perkenalan diri.
§  Jelaskan tujuan.
§  Buat kontrak.
§  Eksplorasi perasaan klien.
6.2        Diskusikan dengan anggota keluarga tentang :
§  Perilaku menarik diri.
§  Penyebab perilaku menarik diri.
§  Akibat yang terjadi jika perilaku menarik diri tidak ditanggapi.
§  Cara keluarga menghadapi klien menarik diri.
6.3        Dorong anggota keluarga untuk memberikan dukungan kepada klien untuk berkomunikasi dengan orang lain.
6.4        Anjurkan anggota keluarga secara rutin dan bergantian menjenguk klien minimal satu kali seminggu.
6.5        Beri reinforcement positif positif atas hal-hal yang telah dicapai oleh keluarga.

Diagnosa 2
Tujuan umum :
Klien dapat berhubungan dengan orang lain secara optimal.
 Tujuan khusus :
1.      Klien dapat membina hubungan saling percaya
Rasional : Hubungan saling percaya merupakan dasar untuk kelancaran hubungan interaksi selanjutnya


Tindakan :
                  Bina hubungan saling percaya dengan menggunakan prinsip komunikasi terapeutik :
a.       sapa klien dengan ramah baik verbal maupun non verbal
b.      Perkenalkan diri dengan sopan
c.       Tanyakan nama lengkap klien dan nama panggilan yang disukai klien
d.      Jelaskan tujuan pertemuan
e.       Jujur dan menepati janji
f.       Tunjukan sikap empati dan menerima klien apa adanya
g.      Beri perhatian kepada klien dan perhatikan kebutuhan dasar klien.
  1. Klien dapat mengidentifikasi kemampuan dan aspek positif yang dimiliki.
Rasional : 
§  Diskusikan tingkat kemampuan klien seperti menilai realitas, kontrol diri atau integritas ego diperlakukan sebagai dasar asuhan keperawatannya.
§  Reinforcement positif akan meningkatkan harga diri klien.
§  Pujian  yang realistik tidak menyebabkan klien melakukan kegiatan hanya karena ingin mendapatkan pujian.
Tindakan:
2.1.  Diskusikan kemampuan  dan aspek positif yang dimiliki klien.
2.1.  Setiap bertemu klien hindarkan dari memberi penilaian negatif.
2.1.  Utamakan memberikan pujian yang realistik.
3.    Klien dapat menilai kemampuan yang digunakan.
 Rasional :
§  Keterbukaan dan pengertian tentang kemampuan yang dimiliki adalah prasyarat untuk berubah.
§  Pengertian tentang kemampuan yang dimiliki diri memotivasi untuk tetap mempertahankan penggunaannya.
Tindakan:
3.1.      Diskusikan dengan klien kemampuan yang masih dapat digunakan selama sakit.
3.2.      Diskusikan kemampuan yang dapat dilanjutkan penggunaannya.
4.    Klien dapat (menetapkan) merencanakan kegiatan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.
Rasional :
§  Membentuk individu yang bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri.
§  Klien perlu bertindak secara realistis dalam kehidupannya.
§  Contoh peran yang dilihat klien akan memotivasi klien untuk melaksanakan kegiatan.
Tindakan:
4.1.      Rencanakan bersama klien aktivitas yang dapat dilakukan setiap hari sesuai kemampuan.
§  Kegiatan mandiri.
§  Kegiatan dengan bantuan sebagian.
§  Kegiatan yang membutuhkan bantuan total.
4.2.      Tingkatkan kegiatan sesuai dengan toleransi kondisi klien.
4.3.      Beri contoh cara pelaksanaan kegiatan yang boleh klien lakukan.
5.      Klien dapat melakukan kegiatan sesuai kondisi sakit dan kemampuannya.
Rasional :
§  Memberikan kesempatan kepada klien mandiri dapat meningkatkan motivasi dan harga diri klien.
§  Reinforcement positif dapat meningkatkan harga diri klien.
§  Memberikan kesempatan kepada klien ntk tetap melakukan kegiatan yang bisa dilakukan.
Tindakan:
5.1.       Beri kesempatan pada klien untuk mencoba kegiatan yang telah direncanakan.
5.2.    Beri pujian atas keberhasilan klien.
5.3.    Diskusikan kemungkinan pelaksanaan di rumah.

6.      Klien dapat memanfaatkan sistem pendukung yang ada.
      Rasional:
§  Mendorong keluarga untuk mampu merawat klien mandiri di rumah.
§  Support sistem keluarga akan sangat berpengaruh dalam mempercepat proses penyembuhan klien.
§  Meningkatkan peran serta keluarga dalam merawat klien di rumah.
Tindakan:
1.      Beri pendidikan kesehatan pada keluarga tentang cara merawat klien dengan harga diri rendah.
2.      Bantu keluarga memberikan dukungan selama klien dirawat.
3.      Bantu keluarga menyiapkan lingkungan di rumah.






DAFTAR PUSTAKA

1.              Azis R, dkk. Pedoman Asuhan Keperawatan Jiwa. Semarang : RSJD Dr. Amino Gondoutomo. 2003
2.              Boyd MA, Hihart MA. Psychiatric Nursing : Contemporary Practice. Philadelphia : Lipincott-Raven Publisher. 1998
3.              Budi Anna Keliat. Asuhan Klien Gangguan Hubungan Sosial: Menarik Diri. Jakarta : FIK UI. 1999
4.              Keliat BA. Proses Kesehatan Jiwa. Edisi 1. Jakarta : EGC. 1999
5.              Stuart GW, Sundeen SJ. Buku Saku Keperawatan Jiwa. Edisi 3. Jakarta : EGC. 1998
6.              Tim Direktorat Keswa. Standar Asuhan Keperawatan Kesehatan Jiwa. Edisi 1. Bandung : RSJP Bandung. 2000


BY ADE PARFUM








Senin, 04 Juni 2012

Dicari Agen dan Reseller parfum roll on non alkohol Rp.5000,-


PARFUM WANGI by copa gabana 

   

GROSIR PARFUM NON ALKOHOL

 







MELAYANI GROSIR DAN PARTAI , REFILL / ISI ULANG 
DAN SEGALA KEBUTUHAN PARFUM ANDA.

    

MENYEDIAKAN JUGA PEWANGIAN LOUNDRY BERBAGAI AROMA. 

   
BIBIT WEWANGIAN DAN PARFUM PENYEGAR MURNI 

















Penjualan distributor agen grosir.
Tersedia dalam kemasan kaleng alumunium ukuran minimum 0.5 kg.
Kami juga jual alat pres untuk botol spray dg aplikasi pres spray botol dalam berbagai ukuran kepala botol.


















Menjual:
  • bibit parfume in the line of branded parfume
    menyediakan secara grosir bibit parfume yang memiliki aroma segaris dengan Parfume ber-merk.
    Dengan pemesanan minimum botol 250 gr
  • bibit pewangi aroma laundry segala macam aroma
  • botol-botol parfum segala ukuran (penisilin, spray, dan roll on)  










Info Perusahaan:
Nama: Ade Rama Kamanjaya [Pemilik/Pengusaha]   
E-mail: adeparfum@gmail.com   
Fb: copa gabana parfum lawang   
Nomer HP: 085649654913    
Nomer Telpon: 0341-9189403    
Nomer Faks: -
Alamat: Jl.Dr.Sotomo 23 Lawang, Malang , Jawa Timur .Indonesia.

ORDER LANGSUNG KE 085 649 654 913 ADE RAMA (OWNER)
TRANSFER VIA BRI aN ADE RAMA KAMANJAYA312501033796532
TRANSFER VIA Mandiri aN ADE RAMA KAMANJAYA 1440013059263

KAMI JUGA MEMBUKA KESEMPATAN BAGI ANDA SEKALIAN UNTUK BERGABUNG BERSAMA KAMI SEBAGAI RESELLER. 



ANDA BERMINAT????


SEGERA HUBUNGI KAMI, PESAN, DAPATKAN DAN RASAKAN 100% WANGI SEPANJANG HARI...!!!


UNTUK PEMESAN MINIMAL 1 LUSIN (BOLEH CAMPUR)

KAMI BERI HARGA ISTIMEWA Rp 5.000,00/ BOTOL

PEMESANAN 21 LUSIN KE ATAS KAMI
                                BERI HARGA SUPER SPESIAL Rp 4.500,00/ BOTOL

ORDER LANGSUNG KE 085 649 654 913 ADE RAMA (OWNER)

WEBSITE RESMI KAMI:
WWW.ADEPARFUM.INDONETWORK.CO.ID
  

UNTUK PELAYANAN YANG LEBIH JELAS BISA ANDA HUBUNGI KAMI: HP 085649654913 (ADE RAMA)


Kami perkenalkan Copa Gabana Perfumes, bibit parfum dari Perancis dengan tingkat kesearahan yang sangat tinggi dengan aroma parfum aslinya.

 
Bisnis kami bergerak dalam bidang wewangian dan kami merupakan agen/ distributor COPA GABANA PERFUMES dari Perancis,kami menjual esensial parfum/bibit minyak wangi untuk refill parfum import/BRANDED, bibit parfum dari COPA GABANA hampir persis dg parfum aslinya.. hingga cocok untuk bisnis yang sangat menguntungkan..

Sangat cocok untuk anda yang mempunyai usaha refill parfum, atau untuk anda yang ingin mulai membuka usaha di bidang refill parfum, Copa Gabana adalah solusinya. Jika anda berminat, silahkan hubungi kami, PARFUM WANGI, Jl.DR. SUTOMO 23 LAWANG, atau hubungi Hp kami di 085649654913, kami akan kirimkan pricelist Copa Gabana Perfumes yang tersedia dalam ukuran 0,5 kg dan 1 kg. Kami sangat senang dapat membantu anda.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA ! ! ! SEMOGA ANDA PUAS DENGAN PELAYANAN KAMI.








NAMA2 AROMA BISA ANDA PILIH
KAMI TUNGGU YA ORDERNYA. . .

Untuk Yang Cewek
- 5th after five
- annasui secret wish
- annasui dolly girl
- annasui dream
- aigner in leather
- aigner black
- bulgary omnia cristaline
- burberry brit
- burberry of london
- burberry weekend
- britney in control
- britney fantasy
- britney spears
- beautiful
- benetton united
- benetton tribu
- benetton hot
- blv-woman
- blv note
- boucheron jaipur
- cartier delicious
- chic woman
- clinicque happy classic
- clinicque happy tou be
- clinicque happy heart
- clinicque simply
- ck one
- ck one summer
- ck one scene
- ck euphoria
- channel 5
- channel chance
- channel coco
- channel coco modemoise
- champagne YSL
- charlie white
- clear day
- cabotin
- cartier dragon
- D&G light blue
- davidoff cool water
- davidoff game
- davidoff echo
- dior addict 1
- dior addict 2
- dolce vita
- dkny donna karan
- dkny delicious
- dune-christian dior
- dunhill desire red
- dioresimo
- estee lauder paradise
- estee lauder pleasure
- estee lauder white line
- escada escada
- escada sentiment
- escada margareth
- escada rock n rio
- escada sexy gravity
- escada islandkiss
- escada ipiza hipy
- escada magnetism
- escada sport
- escada pacific paradise
- eternity classic
- eternity moment
- eternity summer
- elisabeth green tea
- elisabeth 5th avenue
- fcuk her
- gucci rush 1
- gucci rush 2
- gucci envy
- gucci envy me 1
- gucci envy me 2
- guess pink
- giorgi armani sensy
- givenchy erisistable
- hugo boss woman
- hugo boss deep red
- hugo boss intens
- hugo boss army woman
- hugo boss purple
- hugo boss femme
- imperio armani
- imperio armani white
- issey miyake classic
- jpg woman
- jador
- jlo glow
- jlo life
- jlo still
- kenzo flower
- kenzo leaupar
- kenzo daun
- kenzo air
- kenzo d'ete
- kenzo d'ete summer
- kenzo oriental
- lacoste touch of pink
- lacoste cool play
- lancome miracle
- miami glow
- mistery naomi
- moschino love
- miss dior cherie
- nina ricci burung
- nina ricci premier jour
- nina ricci love in paris
- perry elies
- nina ricci nina
- poeme lancome
- paris hilton
- paris hilton just me woman
- pleasure exotic
- pleasure intens
- pure poisson
- paco robana ultraviolet
- red jeans
- ralph laurent romance
- ralph laurent blue
- salvatore ferragamo
- salvatore incanto
- sensy whte rose
- samsara
- sarah jesica parker
- tender poison
- tresor lancome
- tommy girl
- tommy T
- tommy summer
- tommy truestar
- troble boucheron
- visit azzaro
- xs extreme
- xio woman
PM me For More


Untuk Yang Cowok
- aqua di gio
- armani mania
- aigner black
- aigner blue
- aigner clear day
- aigner leather
- aigner xxx
- armani city glame
- aigner x limited
- axe alaska
- allure sport
- aramis life
- bulgary pour homme
- burgary aqua
- bulgary extreme
- bulgary black
- bulgary green
- bulgary soir
- blv note
- blv blue
- burberry brit
- burberry of london
- benetton cold
- benetton united
- best chevignon
- boss immotion silver
- boss inmotion blue
- boss inmotion black
- boss inmotion green
- boss element aqua
- boss selection
- boss energise
- boss soul
- boss army
- boss bottle
- channel allure
- ck bee
- cerruti 1881
- chic carolina herrera
- clinique happy
- cartier declaration
- casablanca
- carolina herrera aqua
- contradiction
- ck grave
- dunhill desire blue
- dunhill boxer
- dunhill exentric
- dunhill fresh
- davidoff cool water
- davidoff echo
- davdidoff silver shadow
- davidoff game
- davidoff deep
- davidoff good life
- dkny delicious
- drakkar noir
- dior pour homme
- escada sentiment
- escape
- eternity summer
- eternity classic
- fcuk him
- fahrenheit
- ferrary black
- gatsby
- hugo number 1
- hermes
- intuition
- issey miyake classic
- issey miyake blue
- jaguar blue
- jaguar green
- jpg 1
- jpg 2
- kenzo batang
- kenzo leaupar
- kenzo jungle
- lacoste pour homme
- lacoste classic
- lacoste pink man
- lacoste touch of sun
- lancome hipnotise
- mont blanc individual
- mont blanck starwalker
- miracle
- miracle aquatic
- marlboro sport
- masculine
- polo sport
- polo stick
- polo black
- polo blue
- pacorobana xs
- paris hilton just me
- sultan
- statesmen
- spalding
- tommy freedeom
- tommy T
- tommy hilfiger
- trussardi jeans
- tommy truestars
- ultraviolet
- versace bluejeans
- visit azzaro
- xs black
- 212 carolina herrera
- 212 on ice
- david becham
- 212 sexy man
- tommy very cool bahama
- beyond paradise man
- higner energy dior
PM me For More

Prosedur pemesanan
1. Send SMS langsung ke saya produk yang anda pesen.
2. Nanti saya balas jumlah harga dari produk yang telah dipesan.

3. Transfer jumlah harga yang telah disepakati via
----BRI SIMPEDES 3125-01-033796-53-2 a/n ADE RAMA KAMANJAYA

----MANDIRI KCP LAWANG 144-00-1305926-3 a/n ADE RAMA KAMANJAYA

4. Nanti Barang akan saya kirim dengan menggunakan jasa pengiriman dari TIKIJNE, INDOPACIFIC

5. Ongkir ditanggung Pemesan


SUPPORT BY :