Blogger Widgets ADE COPA GABANA PARFUM PARIS MODE: PENGERTIAN, SEJARAH, CARA KERJA DARI SEARCH ENGINE TUGAS MAHASISWA POLTEKKES MALANG ( IT )

Selasa, 13 November 2012

PENGERTIAN, SEJARAH, CARA KERJA DARI SEARCH ENGINE TUGAS MAHASISWA POLTEKKES MALANG ( IT )


BY: ADE RAMA hp: 085649654913



PENGERTIAN SEARCH ENGINE
Search Engine adalah aplikasi yang didesain untuk mencari informasi dunia world wide web/ internet. Internet terdiri dari triliun data dan informasi dalam jutaan server dan lokasi yang tersebar luas. Search engine menkoleksi data, gambar, informasi dalam bentuk indeks. Informasi yang disajikan dalam bentuk daftar kepada pencari berdasarkan info yang diberikan oleh pencari.
SEJARAH SEARCH ENGINE
Sebelum ada web search engine(mesin pencari web), terlebih dahulu ada sebuah webserver yang memiliki daftar lengkap. Tampilan tersebut diubah oleh Tim Berners-Lee dan dimana CERN webserver menjadi tuan rumahnya. Sejarah dalam sebuah foto yang masih tersisa dari 1992. Semakin banyak webserver yang online tampilan pusat tidak dapat ikuti. Dalam NCSA server baru diumumkan dengan judul "What's New!" tetapi tidak terdapat tampilan yang lengkap lagi.

Alat yang pertama kali digunakan untuk mencari informasi di internet dinamakan Archie. Nama itu singkatan dari "archive" tanpa "v". Alat ini diciptakan pada tahun 1990 oleh Alan Emtage, seorang murid di McGill Universitas di Montreal. Program ini menyalin data dari semua file di komputer yang terletak di FTP (File Transfer Protocol) tanpa nama, menciptakan kumpulan data yang bisa ditemukan di komputer; bagaimanapun, Archie tidak memberi petunjuk dalam situs ini. 

Gopher meningkat (diciptakan pada tahun 1991 oleh McCahill di Universitas Minnesota) memimpin 2 program pencari baru, Veronica dan Jughead. Seperti Archie, mereka mencari nama file dan judul yang disimpan dalam sistem index (petunjuk) Gopher. Veronica (Very Easy Rodent-Oriented Net-wide Index to Computerized Archives) menyediakan kata kunci pencarian dari kebanyakan judul menu Gopher dalam semua tampilan Gopher keseluruhan. Jughead (Jonzy's Universal Gopher Hierarchy Excavation And Display) adalah sebuah alat untuk mendapatkan informasi dari server Gopher. Sementara sebuah nama mesin pencari "Archie" bukan penunjuk untuk berbagai seri buku komik Archie, "Veronica" dan "Jughead" adalah karakter dalam berbagai seri, jadi mengarah pada pendahulu.

Pada musim panas tahun 1993, tidak ada mesin pencari untuk web saat itu, walaupun berbagai macam katalog khusus ada di tangan. Oscar Nierstrasz di Universitas Geneva menuliskan berbagai seri tulisan tangan Perl dimana akan secara berkala mencermikan halaman ini dan menuliskan kembali ke format standar yang dibentuk untuk dasar W3Catalog, web sederhana pertama mesin pencari, yang dilepaskan pada 2 September 1993.

Pada June 1993, Matthew Gray, kemudian di MIT, menghasilkan mungkin robot web pertama, the Perl -berdasarkan World Wide Web Wanderer, dan menggunakan itu untuk menghasilkan penunjuk (index) yang dinamakan 'Wandex'. Tujuan dari Wanderer adalah untuk mengukur suatu ukuran dari World Wide Web, dimana itu berlangsung sampai akhir 1995. Mesin pencari web yang kedua Aliweb muncul pada November 1993. Aliweb tidak menggunakan web robot, tetapi bergantung pada konfirmasi oleh pengelola website dari setiap situs yang ada dalam format tertentu.

JumpStation (dilepaskan pada December 1993) menggunakan web robot untuk menemukan halaman web dan membangun penunjuknya, dan menggunakan bentuk web untuk gabungkan dengan program pertanyaan. Itu adalah WWW yang pertama-penemuan alat untuk menyatukan tiga ciri khas yang penting dari mesin pencari web (crawling, indexing, dan searching). Oleh karena keterbatasan sumber yang ada dari platform, jadi (indexing) dan dengan demikian mencari yang terbatas pada judul dan topiknya yang ditemukan di halaman web bersamaan dengan crawler.

Satu dari "full text" crawler yang pertama-berdasarkan mesin pencaru adalah WebCrawler, yang keluar pada tahun 1994. Tidak seperti pendahulunya, itu membiarkan pengguna mencari kata-kata dalam berbagai halaman web, dimana telah menjadi standar dari semua mesin pencari utama. Itu juga merupakan yang pertama dikenal/terkenal oleh umum. Pada tahun 1994 Lycos (yang dimulai pada Universitas Carnegie Mellon) diluncurkan, dan menjadi usaha perdagangan komersil yang utama.

Segera setelah itu, banyak mesin pencari muncul dan bersaing untuk ketenaran. Termasuk didalamnya Magellan, Excite, Infoseek, Inktomi, Northern Light, dan AltaVista. Yahoo! adalah cara yang paling banyak diminati oleh kebanyakan orang untuk menemukan halaman web, tetapi fungsi pencarian beroperasi pada direktore web, daripada teks penuh yang disalin dari halaman web. Informasi dari para pencari dapat juga dilihat direktori daripada melakukan pencarian kata kunci.

Pada tahun 1996, Netscape sedang mencari sesuatu untuk memberikan mesin pencari single rundingan yang istimwea untuk menjadi ciri khas mesin pencari. Terdapat begitu banyak minat yang menghantam Netscape oleh 5 mesin pencari utama, 5 juta dolar per tahun setiap mesin pencari akan diputar pada halaman mesin pencari Netscape. Lima mesin ini adalah: Yahoo!, Magellan, Lycos, Infoseek dan Excite.

Mesin pencari juga terkenal sebagai beberapa bintang cemerlang dalam internet menginvestasikan (frenzy) yang terjadi pada akhir 1990an. Beberapa perusahaan memasuki pasar, menerima catatan selama persembahan umum mereka. Beberapa sudah melepas mesin pencari umum mereka dan hanya perusahaan pemasaran, seperti Northern Light. Beberapa perusahaan pencari ditangkap pada (dot-com bubble), spekulasi bom yang terjadi pada tahun 1999 dan berakhir pada tahun 2001.

Sekitar tahun 2000, mesin pencari Google bangkit untuk menjadiyang terdepan. Perusahaan mencapai hasil yang memuaslan untuk beberapa pencarian dengan penemuan yang disebut PageRank. (iterative algortihm ranks) halaman web berdasarkan angka dan PageRank dari situs web yang lain dan halaman yang berhubungan dengan itu, dengan pemisalan bahwa barang atau halaman yang menarik berhubungan lebih daripada yang lain. Google juga mempertahankan pemisahan minimal untuk mesin pencarinya. Bertentangan, beberapa pesaing tertanam pada mesin pencari di portal web.

Tahun 2000, Yahoo menyediakan layanan pencarian berdasarkan mesin pencari Inktomi. Yahoo! mendapat Inktomi pada tahun 2002 dan Overture (yang dimiliki oleh AlltheWeb dan AltaVisa) pada tahun 2003. Yahoo! (switched) ke mesin pencari Google sampai tahun 2004. ketika di luncurkan mesin pencarinya sendiri berdasarkan penggabungan teknologi dari perolehannya.

Microsoft pertama kali meluncurkan MSN Search (in the fall of) 1998 menggunakan hasil pencarian dari Inktomi. Pada permulaan 1999 situs tersebut mulai menampilkan daftarnya dari Looksmart digabung dengan hasil dari Inktomi kecuali untuk jangka pendek tahun 1999 ketika hasil dari AltaVista digunakan. Pada tahun 2004, Microsoft memulai masa peralihan untuk pencarian teknologinya, didukung oleh web crawler (dinamakan msnbot).

Microsoft memberikan merk lagi pada mesin pencari, Bing, yang diluncurkan pada 1 Juni 2009. Pada 29 July 2009, Yahoo! dan Microsoft menyelesaikan rundingan dimana Yahoo! Search didukung oleh teknologi Microsoft Bing. 

Berdasarkan Hitbox, ketenaran Google memuncak pada 82.7% bulan Desember 2008. Pada July 2009 prestasi menunjukkan Google berada pada 78.45 kalah dari Baidu 8.87%, dan Bing 3.17%. Penguasaan pasar dari Yahoo! adalah 7.16% dan AOL 0.6% juga ditolak. 

Di Amerika Serikat, Google memimpin pada 63.2% penguasaan pasar pada May 2009, berdasarkan Nielsen NetRatings. Republik of Cina, Baidu memegang 61.6% penguasaan pasar untuk pencarian web bulan July 2009. 

Web robot yang pertama kali muncul adalah "Wandex" dari World Wide Web Wanderer, suatu aplikasi indeks yang ditemukan oleh Matthew Gray di MIT pada 1993 sampai 1995 yang digunkan untuk mengetahui seberapa besar world wide web. Kemudian muncul Aliweb dan sampai sekarang. Kemudian ada mesin lain yang bernama Lycos, lahir pada tahun 1994, yang telah berkembang pesaat menjadi usaha yang komersial. Kemudian sudah mulai muncul banyak mesin yang bersaing diantaranya adalah WebCrawler, Hotbot, Excite, Infoseek, Inktomi, dan AltaVista. 

Search Engine sendiri pun terbagi atas dua kelompok yaitu Individual Search Engine yaitu mengumpulkan data dari web kemudian menampilkan hasilnya berdasarkan indeks pada basis individu. Contohnya adalah Google (www.google.com), hotbot (www.hotbot.com), FastSearch (www.fastsearch.com). Sedangkan kelompok yang lain adalah Meta Search Engine yaitu dengan cara mencari data dari beberapa individual search engine secara bersama-sama. Contohnya adalah lxquick (www.ixquick.com), Meta Crawler (www.go2net.com/search.html), QbSearch (www.qbsearch.com).
Beberapa Search Engine:

* Altavista (http://www.altavista.com)
* Alltheweb (http://www.alltheweb.com)
* Ask (http://www.ask.com)
* AOL (http://www.aol.com)
* Britannica (http://www.britannica.com)
* Dogpile (http://www.dogpile.com)
* Gigablast (http://www.gigablast.com)
* Google (http://www.google.com)
* HotBot (http://www.hotbot.com)
* Live Search (http://www.live.com)
* LookSmart (http://www.looksmart.com)
* Lycos (http://www.lycos.com)
* Mamma (http://www.mamma.com)
* MetaCrawler (http://www.metacrawler.com)
* MSN (http://www.msn.com)
* Netscape (http://www.netscape.com)
* Search (http://www.search.com)
* Snap (http://www.snap.com)
* Yahoo (http://www.yahoo.com)
* WebCrawler (http://www.webcrawler.com)
* Wisenut (http://www.wisenut.com)

CARA KERJA ( BAGAN + PENJELASAN)

Mesin pencari akan dioperasikan dengan urutan berikut :

1. Web Crawling, dimana dikenal juga dengan sebutan spider. Pertama kali search engine harus mencari file dari databasenya sebelum menampilkan alamatnya, dibantu dengan sebuah software khusus yaitu spider yang dapat memilih informasi yang ada baik dalam memilih informasi yang ada baik dalam ratusan juta halaman web sekalipun serta membuat daftar kata-kata didalam database, proses inilah yang disebut dengan Web Crawling.

2. Indexing, dimana point ini bekerja menyimpan index dari tiap-tiap file yang ditemukan beserta alamatnya. Selain itu dengan proses index dapat juga mempercepat kerja sistem spidering untuk mencari file dalam website yang paling banyak digunakan.

3. Searching, yang lebih kearah penyediaan fasilitas bagi pengguna untuk mencari kata-kata atau kombinasi kata paling relevan yang ditemukan dalam index tersebut.

4. Memberi Rangking untuk Query
Pada saat seseorang membuka situs search engine dan memasukkan kata kunci, maka kata kunci itu akan dipilah per kata dan dicek oleh algoritma robot. Hasil pengecekan tersebut menentukan karakteristik nilai dan parameter yang disetujui oleh search engine. Nilai itulah yang kemudian disesuaikan dengan semua halaman yang disimpan di dalam database. Jika halaman anda yang paling memenuhi kualifikasi maka akan berada di halaman pertama.

MACAM-MACAM SE BERDASARKAN NAMA DAN CARA KERJA :
Yahoo!
(http://www.yahoo.com)
Salah satu portal terbesar di Internet, selain MSN., dan juga salah satu mesin pencaru tertua. Halaman utamanya sendiri tidak terlalu ramah untuk pencarian, tetapi Yahoo! menyediakan search.yahoo.com untuk itu. Yahoo! menggunakan jasa Google untuk mencari informasi di web, ditambah dengan informasi dari databasenya sendiri. Kelebihan Yahoo! adalah direktorinya. Yahoo! juga menyediakan pencarian yellow pages dan peta, yang masih terbatas pada Amerika Serikat. Yahoo juga menyediakan pencarian gambar.

Alltheweb
http://www.alltheweb.com
Keunggulan Alltheweb adalah pencarian file pada FTP Server. Tidak seperti web, FTP adalah teknologi internet yang ditujukan untuk menyimpan dan mendistribusikan file, biasanya program, audio atau video. Web sebenarnya lebih ditujukan untuk teks. Sejauh ini, hanya AllTheWeb yang menyediakan jasa pencarian file.

MSN
http://search.msn.com
Mesin pencari dari Microsoft Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun dari direktori. Pemakai Internet Explorer kemungkinan besar sudah pernah menggunakan mesin pencari ini. Situs Searchenginewatch mencatat MSN sebagai mesin pencari ketiga populer setelah Google dan Yahoo! Tak ada pencarian image, atau news. Menyediakan pencarian peta, yellow pages, white pages, pencarian pekerjaan, rumah.

AskJeeves
http://www.ask.com
Situs mesin pencari yang satu ini mengunggulkan kemampuannya untuk memahami bahasa manusia. Pengguna bisa menggunakan kalimat lengkap, bukan kata kunci. Situs ini berguna untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan(misal: when did world war II end?).

Google:
(http://www.google.com)
Selain pencarian web, Google juga menyediakan jasa pencarian gambar, pencarian ?berita serta pencarian pada arsip USENET (newsgroup), serta direktori, seperti Yahoo! Kelemahannya terletak pada tidak tersedianya pencarian file, video, dan audio. Keunggulan Google terutama adalah pada pencarian teks, terutama dari algoritma PageRank, database-nya yang      besar    serta     banyaknya       jenis     file       yang    diindeksnya.

AltaVista
(http://www.altavista.com)
Satu saat, AltaVista pernah menjadi mesin pencari terbesar. Saat ini, selain Alltheweb, Altavista juga menawarkan pencarian audio dan video. Keunggulan AltaVista adalah pilihan pencarian            yang    paling  lengkap di            antara  semua  mesin   pencari.

Lycos
http://www.lycos.com
Salah satu mesin pencari tertua. Saat ini Lycos lebih dikenal sebagai portal, sehingga fungsi pencarinya tidak terlalu menonjol. Lycos, selain mendukung pencarian web, juga menyediakan pencarian file MP3, dan video pada http://multimedia.lycos.com.


Macam-macam Search Engine Dunia :
A9.com, Aeiwi, Aesop.com, Alexa, AlltheWeb, AltaVista, Amfibi, Amidalla, AnooX, Any Search Info, AOL Search, Arakne Links, Atixa Directory, AxxaSearch, Beamed, Boitho, Buzzle.com, CHEInternet, Cipinet, Click And Search, CyborgInfo, DinoSearch, Dogpile, e-sygoing, entireweb.com, ExactSeek, Exalead, Excite, FindOnce, Fresh Links, Geona, Green Search, HaaBaa, Hedir, HomerWeb, Hotlaunch.com, HOTLAVA, Hotskunk.com, Infosniff, Infotiger, IntelSeek, Jayde, jdgo, Librarians, Index to the Internet, MavicaNet, MetaCrawler (via Google and Open Directory Project), MixCat, Mozdex, MSN Search, NationalDirectory, Navisso Search, NBCi, NetArtic Search, Netscape Search, ObjectsSearch, OneWorldOneSite, ooBdoo, Open Directory Project, OpenHere, PeaKaBoo.net, PleaseRetrive, Poddys, PrimeFind Search, Primo Directory, Qango.com, ReallyBigSearch, REX, Scrub The Web, Search4More, SearchGalore, SearchIt.com, Sertchy, singingfish, Sootle, SplatSearch, Starting Point, Subjex, superpromo.com, The Search Brain, The Turnpike Emporium Directory, The-Search-Site.com, Voyager Search, W8 Search, Walhello Internet Search, Web Wiz Guide, Web World Index, Web\’s Biggest, WebCrawler (via Google and Open Directory Project), WebSquash, WholeWorld, Wotbox, Yahoo! Directory, Yahoo! Search Engine, Yahooligans!, Yeandi Web Directory, ZenSearch.


JELASKAN SEDIKIT TENTANG MACAM-MACAM SE :
Yahoo!
(www.yahoo.com)
  Salah satu portal terbesar di Internet, selain MSN., dan juga salah satu mesin pencaru tertua. Halaman utamanya sendiri tidak terlalu ramah untuk pencarian, tetapi Yahoo! menyediakan search.yahoo.com untuk itu. Yahoo! menggunakan jasa Google untuk mencari informasi di web, ditambah dengan informasi dari databasenya sendiri. Kelebihan Yahoo! adalah direktorinya. Yahoo! juga menyediakan pencarian yellow pages dan peta, yang masih terbatas pada Amerika Serikat. Yahoo juga menyediakan pencarian gambar.  berikut ini kelebihan dan kekurangannya yang lebih jelas : 

Kelebihan:
1. carta surat menyurat modern untuk membuat orang menjadi lebih maju
2. salah satu web yang menyediakan layanan fasilitas gratis
3. salah satunyapun yang anda bilang, bila di refresh cepat
4. banyak fasilitas yang disediakan, seperti: Y!A Y!A Y! mail Y! 360 dan lain2
5. sudah ada di banyak negara
Kekurangan:
1. Satu id yahoo hanya untuk yahoo, tak bisa untuk produk windows, seperti IM dan msn
2. Teralu mudah untuk membuat id, sehingga kadang-kadang disalah gunakan
3. Fitur Y!M msh sangat kalah jauh dengan IM keluaran windows
4. Skin untuk Y!M msh sangatlah simple, tak seperti IM yang ada cukup banyak

Alltheweb
(www.alltheweb.com) 
Keunggulan Alltheweb adalah pencarian file pada FTP Server. Tidak seperti web, FTP adalah teknologi internet yang ditujukan untuk menyimpan dan mendistribusikan file, biasanya program, audio atau video. Web sebenarnya lebih ditujukan untuk teks. Sejauh ini, hanya AllTheWeb yang menyediakan jasa pencarian file.  
Kelebihan
1.    Kemudahan dalam mencari.
2.    Tampilan yang sederhana seperti Google.
3.    Alltheweb langsung menyediakan fungsi untuk pencarian berita, musik, gambar,  dan video.
4.    Menu bantuan terlihat jelas, dan di dalamnya tersedia sejumlah opsi bantuan yang banyak, sehingga sekali lagi kemudahan tampak bagi si pengguna.
Kekurangan
1.    Pencarian yang lama dibandingkan dengan mesin pencari lainnya.
2.    Halaman pencarian hanya dibatasi dengan sebuah garis sehingga membingungkan si pengguna.
3.    Pada link-link yang tidak berguna terkadang masih terlihat dalam beberapa hari, sehingga terlihat kurang aktual. Hal ini menunjukan tidak cepatnya Allltheweb melakukan update.

MSN
(http://search.msn.com)
  Mesin pencari dari Microsoft Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun dari direktori. Pemakai Internet Explorer kemungkinan besar sudah pernah menggunakan mesin pencari ini. Situs Searchenginewatch mencatat MSN sebagai mesin pencari ketiga populer setelah Google dan Yahoo! Tak ada pencarian image, atau news. Menyediakan pencarian peta, yellow pages, white pages, pencarian pekerjaan, rumah. 
Kelebihan
mampu mencari video, musik, gambar, dan beragam format file spesial.
Kekurangan
1.    pencarian. Dibutuhkan waktu yang lama sampai hasil ditampilkan di halaman MSN.
2.    Pengguna juga sulit membedakan antara iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya. Penampilan iklan hanya dibedakan dari hasil asli melalui sebuah titik di depannya.

AskJeeves
(http://www.ask.com)
   Situs mesin pencari yang satu ini mengunggulkan kemampuannya untuk memahami bahasa manusia. Pengguna bisa menggunakan kalimat lengkap, bukan kata kunci. Situs ini berguna untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan(misal: when did world war II end?)
Kelebihan
Keunggulan utamanya adalah ia akan mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan anda.


Google
 (www.google.com)  
   Selain pencarian web, Google juga menyediakan jasa pencarian gambar, pencarian ?berita serta pencarian pada arsip USENET (newsgroup), serta direktori, seperti Yahoo! Kelemahannya terletak pada tidak tersedianya pencarian file, video, dan audio. Keunggulan Google terutama adalah pada pencarian teks, terutama dari algoritma PageRank, database-nya yang besar serta banyaknya jenis file yang diindeksnya.
Kelebihan
1.    Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
2.    lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.
3.    Tampilan yang sederhana.
4.    Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cach. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.
5.    Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.
Kekurangan
Dengan kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.
AltaVista
(www.altavista.com)

   Satu saat, AltaVista pernah menjadi mesin pencari terbesar. Saat ini, selain Alltheweb, Altavista juga menawarkan pencarian audio dan video. Keunggulan AltaVista adalah pilihan pencarian yang paling lengkap di antara semua mesin pencari.

Kelebihan
1.    keunggulan dalam hal pencarian halaman web, video, gambar, MP3, dan file audio lainnya. Dalam pencarian berita pun Altavista mampu mencari berita teraktual.
2.    Altavista mampu menetapkan berapa umur maksimal yang akan ditampilkan.
Kekurangan
Dalam hal pencarian data yang kurang bagus. Sering kali mesin pencari ini menampilkan hasil yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan tema yang dicari.

Lycos
(http://www.lycos.com)
  Salah satu mesin pencari tertua. Saat ini Lycos lebih dikenal sebagai portal, sehingga fungsi pencarinya tidak terlalu menonjol. Lycos, selain mendukung pencarian web, juga menyediakan pencarian file MP3, dan video pada http://multimedia.lycos.com. 
Kelebihan
1. Lycos mampu mencari data dengan cepat dan ini merupakan kelebihannya.
2. Dalam hal pencarian cepat.
3. Lycos menyediakan fungsi “Fun Search” yang lebih diperuntukkan bagi kalangan remaja. Ini sangat membantu bagi kalangan yang membutuhkan gosip dan lagu terbaru dari para selebritis pujaan.
      4. Lycos juga menampilkan 50 pencarian terbesar di halaman depannya.
Kekurangan
1.      Untuk mencari berita-berita aktualnya, pengguna harus masuk ke bagian site map karena berita-berita tersebut tidak ditampilkan di halaman depan.
2.    Sering tidak spesifik karena datanya kebanyakan masih mengambil data dari mesin pencari Alltheweb yang tergolong paling lamban dalam pencarian data






DAFTAR PUSTAKA :
http://www.dinternetmarketing.com/index.php/id/sahabat-google/defini-dan-sejarah-search-engine
http://id.wikipedia.org/wiki/Mesin_pencari_web
http://trikmudahseo.blogspot.com/2012/04/bagaimana-cara-kerja-search-engine.html
http://glyceriachrisya.wordpress.com/2012/08/31/cara-kerja-search-engine-beserta-skema/
http://ardionline.blogspot.com/2008/01/cara-kerja-search-engine.html
http://sibukforever.blogspot.com/2012/06/macam-macam-search-engine-di-dunia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar